RIAU

Covid-19, Program DMPA Arara Abadi Modalkan Petani Plawija Bukit Nenas

arie
Sar
Penyerahan bantuan kambing ternak ke Kelompok Ternak Kelurahan Bukit Nenas, oleh PT Arara Abadi
  • Dumai - Pandemi Covid-19 yang turut berimbas pada industri pertanian tidak menyurutkan semangat para petani untuk terus meningkatkan produksinya.

    Dengan modal yang di saluran oleh PT Arara Abadi melalui program Desa Makmur Peduli Api (DMPA) membantu petani Plawija dan Ternak Kambing Kelurahan Bukit Nenas, Kecamatan Bukit Kapur, Kota Dumai untuk bertahan dan meningkatkan hasil produksinya.

    Menurut Alpian, ketua Kelompok Mahkota yang merupakan salah satu Petani penerima bantuan dari program DMPA Bukit Nenas, mengakui bahwa dengan adanya bantuan program DMPA pada masa pandemi ini sangat meringankan beban mereka.

    "Saya bisa bertani tanpa banyak modal pribadi karena program Desa Makmur Peduli Api memberikan kami satu hektar lahan untuk bertani, lengkap mulai bibit hingga pupuknya, berkat bantuan tersebut dan mudah mudahan bisa menghasilkan produksi hingga akhir," ujarnya.

    DMPA merupakan program pemberdayaan komunitas oleh APP Sinar Mas melalui unit bisnisnya. Di Kecamatan Bukit Kapur, program tersebut dijalankan oleh PT. Arara Abadi sejak tahun 2016-2017 lalu dan diawali dengan pemberian bibit pertanian dan peternakan. Hubungan baik PT Arara Abadi dengan warga sudah berjalan cukup lama, antara lain lewat kerja sama dalam mengembangkan area tanaman kehidupan serta usaha mencegah kebakaran hutan.

    "Kami sangat berterima kasih atas adanya program DMPA karena selain membantu meningkatkan kesejahteraan para petani kami, kami juga bisa lebih efektif mencegah dan mengatasi kebakaran. Kami diberikan mesin pemadam api yang dapat dengan mudah kami operasikan apabila terdapat titik api saat musim kemarau. Harapan saya, PT Arara Abadi dapat memperluas program ini ke desa-desa sekitar karena akan sangat bermanfaat," ujar Joni Bangun, Ketua Kelompok Kambing di Kelurahan Kayu Kapur.

    Disamping itu, salah satu tujuan program DMPA PT AA-APP Sinar Mas adalah membantu perekonomian dan mensejahterakan masyarakat sekitar area konsesi perusahaan, agar masyarakat disamping meningkatkan perekonomian mereka melalui usaha pertanian, sekaligus bersama-sama menjaga lingkungan dari praktik dan bahaya kebakaran, hal itu disampaikan Abadi selaku humas PT Arara Abadi distrik Bukit Kapur.

    "Dalam implementasi Program DMPA disetiap desa yang berbatasan dengan konsesi perusahaan, program tersebut dipilih sendiri oleh masyarakat melalui Kegiatan FGD (Forum Group Discution) yang membentuk beberapa kelompok, diantaranya, Kelompok Peternakan, Pertanian/Holtikultura, Perikanan dan UKM, Perusahaan dalam hal ini menjalankan berbagai program, dimulai dari program edukasi dan pendampingan, memberikan bantuan modal, serta pemasarannya.

    "Termasuk di dalamnya yakni mengidentifikasi serta membantu mengembangkan peluang usaha di desa tersebut. Misalnya, budidaya cabai, semangka dan Nenas juga ternak kambing ini, sebagai bahan pangan yang relatif konsisten dan diminati pasar. Tak hanya itu, di masa-masa menantang seperti pandemi ini, kami pun ingin membantu warga DMPA agar tetap produktif, sekaligus aman dari risiko penularan," lanjut Abadi.

Penulis: Sar

Editor: Boy

Tag:covid-19covid 19

Berita Terkait

Situs ini menggunakan cookies.