SPORT

Paspampres Ceritakan Soal Keamanan Jokowi saat Menjajal Sirkuit Mandalika

Administrator
Biro Setpres
Presiden Joko Widodo menjajal Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat, Jumat (12/11), sebelum gelaran World Superbike.

Lombok, Gardannews.com - Presiden Joko Widodo menjajal Sirkuit Internasional Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada, Jumat (12/11/2021).


Lalu seperti apa pengalaman Presiden Jokowi saat menjajal sirkuit tersebut?


Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) mengungkapkan sejumlah persiapan keamanan Presiden Joko Widodo sebelum melintas di Sirkuit Internasional Mandalika.


Komandan Paspampres, Mayjen Tri Budi Utomo, mengatakan pihaknya memeriksa lintasan sirkuit yang sempat diguyur hujan, dan menyimpulkan aman untuk digunakan.


“Untuk aspek keamanan Bapak Presiden, sebelum kegiatan sudah kita dahului dengan pengecekan lintasan sirkuit dan alhamdulillah hujan sudah reda sehingga lintasan sudah mengering karena aspal yang digunakan juga yang terbaik di dunia, infonya demikian dari pengelola sirkuit tersebut,” ujar Tri dikutip dari detikcom, Sabtu (13/11/2021).


Selain itu, Paspampres juga mempertimbangkan kondisi kesehatan Jokowi dan motor yang digunakan.


“Bapak Presiden juga dalam kondisi sangat baik. Motor yang dikendarai Bapak Presiden juga telah dicek, semua dalam keadaan baik, rem, ban, mesin, dan hal lainnya,” kata Tri.


“Jadi, semuanya telah melalui prosedur standar keamanan VVIP, dan semua dalam keadaan siap dan aman,” lanjut dia.


Jokowi memacu motor jenis Kawasaki W175 yang dimodifikasi saat mengaspal di Sirkuit Mandalika. Jokowi mengaku tidak berani menggeber sepeda motor karena kondisi trek habis hujan.


“Ini Sirkuit Mandalika kan sirkuit baru dan tadi juga baru saja hujan, jadi saya enggak berani ngebut. Meskipun enggak ngebut, saya kira yang lain-lain jauh tertinggal,” ujar Jokowi dalam rilis resmi yang diterima oleh media CNN Indonesia.com.


Sirkuit Mandalika memiliki panjang lintasan 4,3 kilometer dengan lebar 15 meter. Sirkuit yang akan digunakan untuk balapan World Superbike Championship (WSBK) 2021 ini memiliki 17 tikungan dan speed trap yang cukup lebar dan tinggi.


Trek Sirkuit Mandalika juga dilengkapi dua service road, yakni service road inner (sepanjang 3,8 kilometer dan lebar 14 meter) dan service road outer (sepanjang 4,32 kilometer dan lebar 14 meter), serta pit lane (sepanjang 835 meter dan lebar 14 meter).


“Saya kira banyak tikungan yang tajam sekali, di sini kan ada 17 titik tikungan yang saya kira semuanya sulit untuk saya. Kalau untuk pembalap mungkin enggak ada masalah, tapi untuk saya sangat sulit,” tambah Jokowi.

Editor: Tim

Sumber: CNNIndonesia.com

Tag:JokowiPresiden RISirkuit Mandalika

Berita Terkait

Situs ini menggunakan cookies.