Kepri

179 Warga Binaan Rutan Karimun Terima Hadiah Spesial di HUT RI ke-75

Administrator
Rasta
Penyerahan remisi HUT RI ke-75 terhadap 179 warga binaan Rutan Karimun
  • Karimun - Tepat di Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-75, ratusan warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Tanjungbalai Karimun, Kepulauan Riau mendapat Remisi Umum atau pemotongan masa tahanan dari Pemerintah.

    Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Rutan (Karutan) Kelas II B Tanjungbalai Karimun, Dody Naksabani kepada gardannews.com, Senin (17/8/2020).

    "Alhamdulillah 179 warga binaan yang kita usulkan untuk diberikan remisi HUT RI ke-75, semuanya dikabulkan oleh Pemerintah," ujar Dody.

    Dody mengatakan, dari jumlah 179 warga binaan yang memperoleh Remisi Umum atau pemotongan masa tahanan, sebanyak 130 orang merupakan narapidana umum dan sisanya 49 narapidana dari kasus PP 99 atau kasus narkoba.

    Kemudian, dari 179 warga binaan tersebut diketahui mendapat jumlah masa pemotongan tahanan yang berbeda-beda.

    "Rincian-nya, 53 orang mendapat remisi 1 bulan, 55 orang mendapatkan remisi 2 bulan, 62 orang mendapatkan remisi 3 bulan, 4 orang mendapat remisi 4 bulan dan terakhir 5 orang mendapat remisi 5 bulan," katanya.

    Diungkapkan Dody, Pada tahun ini tidak ada Narapidana yang memperoleh remisi umum II atau langsung dinyatakan bebas.

    Dody menuturkan, remisi diberikan kepada warga binaan yang telah menunjukkan prestasi, dedikasi, dan disiplin tinggi dalam mengikuti program pembinaan dengan baik serta telah memenuhi persyaratan yang ditentukan.

    Sambungnya, pemberian remisi terhadap warga binaan bukan semata-mata merupakan suatu hak yang didapat dengan mudah dan bukan pula merupakan bentuk kelonggaran-kelonggaran agar narapidana dapat segera bebas.

    "Pemberian remisi merupakan suatu bentuk tanggung jawab untuk terus menerus memenuhi kewajiban dalam pelaksanaan program pembinaan," ucap Dody.

    Selain itu, Dody mengungkapkan, pemberian remisi juga untuk mengurangi dampak negatif dari tempat pelaksanaan pidana dan secara psikologis juga mempunyai pengaruh dalam menekan tingkat frustasi sehingga dapat meminimalisir gangguan keamanan dan ketertiban di Rumah Tahanan.

    "Melalui Remisi diharapkan dapat mempercepat proses kembalinya Narapidana dan Anak dalam kehidupan bermasyarakat," tutupnya.

Penulis: Rasta

Editor: Boy

Tag:179 warga binaan rutan karimun dapat remisiHUT RI ke-75HUT RI ke 75kabupaten karimunRemisi hut ri ke-75Remisi hut ri ke 75Rutan Karimun

Berita Terkait

Situs ini menggunakan cookies.