Kepri

Berdiri Kokoh, Tugu Adipura di Karimun Miliki Tiga Makna

Administrator
Istimewa
Proses penandatanganan prasasti tugu Adipura oleh Bupati Karimun, Aunur Rafiq

Karimun, Gardannews.com - Dibangun oleh PT. Timah Tbk sejak tahun 2019 lalu, tugu Adipura yang berada di kawasan Coastal Area, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau akhirnya diresmikan pada, Senin (13/9/2021).


Peresmian tugu itu ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita oleh Bupati Karimun, Aunur Rafiq.


Usai diresmikan, tugu tersebut langsung diserahkan oleh Direktur Keuangan PT. Timah Tbk Soni Wibisono kepada Pemerintah Kabupaten Karimun.


Soni Wibisono mengatakan, pembangunan tugu Adipura itu merupakan lambang sinergitas antara PT Timah Tbk dengan masyarakat Kabupaten Karimun.


"Ini sebagai bentuk sinergitas kita, PT Timah Tbk akan terus berperan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Karimun," katanya.


Menurut Soni, Karimun adalah kota yang layak dikunjungi dan baik untuk investasi.


Sementara Bupati Karimun, Aunur Rafiq menuturkan bahwa pembangunan tugu tersebut sebagai bentuk keberhasilan Kabupaten Karimun meraih Piala Adipura selama tiga tahun berturut-turut.


"Tugu Adipura ini dibangun sebagai bentuk keberhasilan Karimun meraih piala Adipura tiga kali berturut-turut," ucap Rafiq.


(Tugu Adipura Kabupaten Karimun)


Rafiq menjelaskan, tugu Adipura itu memiliki makna disetiap bagiannya, seperti lambang gelombang laut dibagian bawah yang menunjukkan bahwa di lautan Karimun ada aktivitas tambang timah.


Kemudian ada lambang kapal keruk berwarna perak yang juga menandakan adanya aktivitas kapal keruk untuk mengeksploitasi biji timah.


Dan bagian paling atas yaitu lambang piala Adipura berwarna emas.


“Kita bangun disini karena kawasan ini akan berkembang menjadi kota baru atau kota modern beberapa tahun ke depan dan tugu Adipura inilah yang melambangkan bahwa kotanya bersih, kalau tempatnya kotor maka tidak sejalan dengan piala Adipura yang sudah diraih,” jelas Rafiq.


Guna menjaga keindahan tugu tersebut, Rafiq memerintahkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk menempatkan pegawai dalam perawatannya.


"Saya minta Kadis Lingkungan Hidup agar tempatkan pegawai dan digaji untuk menjaga tugu Adipura ini," tutup Aunur Rafiq.

Penulis: Ami Bagan

Editor: M. Saimi Arrahman Rambe

Tag:kabupaten karimunkepriPT Timah TbkTugu Adipura Karimun

Berita Terkait

Situs ini menggunakan cookies.