Kepri

Cegah Bencana Kebakaran, Rutan Karimun Gelar Simulasi dan Pemeriksaan Instalasi Listrik

Administrator
Ami Bagan
Pegawai Rutan Karimun saat melakukan simulasi penanganan kebakaran

Karimun, Gardannews.com - Rumah Tahanan (Rutan) Tanjungbalai Karimun, Kepulauan Riau menggelar simulasi kebakaran pada, Senin (27/9/2021).


Kegiatan simulasi yang digelar bersama pihak Pemadam Kebakaran itu digelar sebagai bentuk antisipasi Rutan Karimun dalam mencegah terjadinya bencana kebakaran.


"Simulasi ini kita lakukan sesuai arahan dari Direktorat Jenderal Pemasyarakat, Kementerian Hukum dan Ham. Ini dapat menjadi bekal yang bermanfaat bagi seluruh petugas, khususnya dalam proses pengamanan Rutan dan Warga Binaan,” ujar Kepala Rutan Karimun, Dody Naksabani.


Sebelum simulasi, pihak Rutan juga sebelumnya telah melaksanakan pemeriksaan instalasi listrik, alat pemadam api ringan (APAR) serta mengatur tata letak kunci duplikat kamar hunian warga binaan.


"Kami juga rutin melakukan razia dikamar hunian, demi memastikan tidak ada narapidana yang membawa barang pemicu kebakaran seperti korek api," ucap Dody.


Ditempat yang sama, penyuluh pemadam kebakaran Karimun, Agus Suroso menjelaskan bahwa pihaknya memberikan sejumlah materi dalam simulasi tersebut.


"Tadi kita berikan materi tentang perilaku api serta penggunaan alat pemadam api ringan yang mudah dijangkau pada tempat umum. Api tidak akan menyala jika tidak ada pemicunya," jelas Agus Suroso.


Ia juga meminta pihak Rutan tetap menjaga kekompakan dan kebersamaan sebagai tim dalam mengantisipasi bencana kebakaran.


"Formasi regu sangat penting dalam menangani bencana kebakaran, saya harap setiap regu memahami dengan jelas tugas dan fungsinya dalam memandamkan kobaran api," tutupnya.

Penulis: Ami Bagan

Editor: M. Saimi Arrahman Rambe

Tag:kabupaten karimunkepriPemadam kebakaranRutan KarimunSimulasi kebakaran

Berita Terkait

Situs ini menggunakan cookies.