Kepri

Cegah Peredaran Narkoba, BNN Cek Urin Puluhan Narapidana Rutan Karimun

Administrator
Boy
Kepala BNN Karimun saat memilih WBP yang akan di tes urin

Karimun, Gardannews.com - Dalam rangka memperingati hari narkoba internasional tahun 2021, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau menggelar tes urin di rumah tahanan (Rutan) Tanjungbalai Karimun pada, Selasa (22/6/2021) pagi.


Dalam kegiatan tersebut, sebanyak 21 orang warga binaan yang tersandung kasus narkoba di pilih secara acak untuk di tes urin.


Kepala BNN Karimun, Eryan Noviandi mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk sinergitas yang dilakukan pihak BNN dan Rutan dalam mencegah peredaran narkoba dari balik jeruji besi.


"Ini bentuk sinergitas kita dengan pihak rutan dalam mencegah dan memberantas peredaran narkoba di penjara," kata Eryan Noviandi.


Dari hasil pemeriksaan urin, seluruh warga binaan tersebut dinyatakan negatif dan terbebas dari penggunaan narkoba.


"Tadi yang kita tes urin sebanyak 21 orang, alhamdulillah hasilnya negatif semua," jelas Eryan


(Kepala BNNK Karimun, Eryan Noviandi bersama Kepala Rutan Karimun, Dody Naksabani. Foto: Boy)


Sementara kepala Rutan Tanjungbalai Karimun Dody Naksabani mengaku senang atas sinergi dan perhatian yang diberikan oleh pihak BNN.


Menurutnya, tes urin ini sangat penting untuk memastikan lingkungan Rutan bersih dari adanya pengunaan narkoba.


"Jadi begitu kita selalu bersinergi dengan BNN untuk melakukan penindakan-penindakan. Yang mana juga ini intruksi dari Presiden langsung," ujar Dodi.


Dodi menjelaskan, langkah preventif sebelumnya juga kerap dilakukan terhadap warga binaan agar tidak memberikan ruang terhadap penggunaan narkoba dari dalam Rutan.


"Seperti screening juga kita sudah lakukan, artinya kegiatan-kegiatan seperti ini selalu berkesinambungan," paparnya.


Kedepan, pihak BNN akan kembali melakukan tes urin secara rutin di rutan Karimun sesuai dengan instruksi Presiden RI Jokowi Nomor 2 Tahun 2020 tentang rencana aksi nasional pencegahan, pemberantasan dan penyalahgunaan narkoba.

Penulis: Boy

Editor: Boy

Tag:BNNK Karimunkabupaten karimunkepriPeredaran narkobaRutan KarimunTes urin

Berita Terkait

Situs ini menggunakan cookies.