Kepri

Ciptakan Generasi Muda Jaga Demokrasi Bermartabat, UIB Gelar Seminar Nasional

Administrator
Istimewa
Seminar Nasional Pemuda Pahlawan Demokrasi

Batam, Gardannews.com - Universitas Internasional Batam (UIB) Kota Batam menggelar Seminar Nasional Pemuda Pahlawan Demokrasi yang dilaksanakan di Auditorium UIB pada, Rabu (16/11/2022).


Acara ini digelar sempena memperingati hari Sumpah Pemuda dan hari Pahlawan tahun 2022.


Seminar yang mengusung tema “Generasi Muda Jaga Demokrasi Bermartabat” ini diikuti beberapa universitas di Kepri dan Universitas dari beberapa provinsi lain di Indonesia seperti dari Universitas Putera Batam, Stikes Awal Bros, Universitas Internasional Batam dan Stisipol Raja Haji.


Dari luar Provinsi Kepri antara lain Universitas Lancang Kuning Pekanbaru, Universitas Pancasakti Tegal - Jawa tengah, Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon, dan Universitas Panca Budi Medan secara virtual.

Dalam seminar kali ini menghadirkan tiga narasumber yaitu Prof. Dr. Ade Saptomo dari Universitas Pancasila Jakarta secara virtual, Rendra Setyadiharja dari STISIPOL Raja Haji dan Winsherly Tan dari Universitas Internasional Batam (UIB). Hadir juga Dr. Iskandar Itan Rektor UIB, Dr. Hepy Hefri Ariyanto Wakil Rektor III UIB, Kompol Joko Priyanto Kasubid I Ditintelkam Polda Kepri dan ratusan mahasiswa.

Rektor UIB Dr. Iskandar Itan Rektor sangat mengapresiasi seluruh panitia sehingga kegiatan ini berjalan sukses dan lancar. Terima kasih juga disampaikan kepada Subdit I Ditiintelkam Polda Kepri dan para mahasiswa yang sangat antusias hadir.


”Acara ini bertujuan untuk memberi pemahaman kepada generasi muda terutama mahasiswa, tentang pentingnya demokrasi dan mengajak untuk ikut berperan aktif dalam setiap perhelatan pesta demokrasi,” kata Iskandar disela acara.


(Seminar Nasional Pemuda Pahlawan Demokrasi)


Seminar ini juga mendapat respon positif dari para peserta yang hadir langsung. Mereka menilai seminar seperti ini sangat penting bagi para kaum muda terutama pemilih pemula, agar disetiap pesta demokrasi bisa memberikan hak suaranya atau tidak golput.

“Saya sebagai generasi muda sangat senang dan bangga bisa mengikuti kegiatan seminar ini karena menambah wawasan. Saat ini kalau mau memberikan masukan atau kritik membangun tidak lagi harus turun ke jalan atau demo, namun bisa dilakukan melalui media digitalisasi,” jelas Sebastian Tan, mahasiswa UIB.


Sementara itu menurut Bayu Hanggara, Mahasiwa Stikes Awal Bros, masih banyak anak muda yang kurang paham dengan apa itu demokrasi dan pentingnya demokrasi. “Saya berharap kegiatan seminar seperti ini bisa sering dilakukan”.


Hal yang sama juga dikatakan Mahasiswi dari Universitas Putra Batam (UPB) Galuh Virginia. “Gelaran acara ini sangat penting diikutui para kaula muda, untuk memahami pentingnya demokrasi,” katanya.


Acara diakhiri dengan final lomba debat dan pengumuman para pemenang lomba lainnya yang merupakan satu rangkaian acara dalam peringatan hari sumpah pemuda dan hari pahlawan.

Penulis: Dian Bangun Sari

Editor: M. Saimi Arrahman Rambe

Tag:keprikota batampolda kepriUIB

Berita Terkait

Situs ini menggunakan cookies.