Kepri

HUT RI ke-75, Bupati Karimun Ajak Masyarakat Saling Menguatkan Ditengah Pandemi Covid-19

Administrator
Rasta
Bupati Karimun, Aunur Rafiq saat memimpin Upacara HUT RI ke-75
  • Karimun - Perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau berlangsung berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

    Hal tersebut dikarenakan, dalam menyambut Hari Kemerdekaan itu. Pemerintah Kabupaten Karimun hanya menggelar beberapa kegiatan saja secara sederhana dan juga terbatas.

    Wabah Covid-19 yang tidak kunjung mereda dan telah mencatatkan total 21 kasus pasien positif di Karimun menjadi alasan tidak digelarnya perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia seperti tahun sebelumnya.

    Jika, pada tahun-tahun sebelumnya upacara kenaikan dan penurunan Bendera Merah Putih yang dipusatkan di Lapangan Putri Kemuning, Coastal Area Karimun digelar terbuka hingga dihadiri ribuan warga. Pada tahun ini justru di gelar di Halaman Kantor Bupati Karimun, Jl.Jenderal Sudirman, Kelurahan Sei Raya, Kecamatan Meral, Kabupaten Karimun.

    Meski digelar terbatas, upacara kenaikan bendera merah putih yang dipimpin langsung oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq itu, tetap berlangsung khidmat.

    Tampak dalam upacara tersebut, seluruh peserta upacara menerapkan protokol kesehatan yang ketat seperti menggunakan masker dan jaga jarak selama jalannya upacara.



  • Bupati Karimun, Aunur Rafiq mengatakan, guna mecegah penyebaran Covid-19 dan sesuai aturan dari Pemerintah Pusat. Pihaknya, hanya menggelar beberapa kegiatan saja seperti, upacara kenaikan dan penurunan bendera, detik-detik proklamasi secara virtual bersama Presiden RI, tabur bunga dan renungan suci.

    "Detik detik proklamasi secara virtual yang kita lakukan hari ini, sesuai dengan surat edaran Kemendagri dan Kemenpan RB tentang tata cara penyelenggaraan HUT ke-75 Republik Indonesia," ujar Aunur Rafiq usai menghadiri tabur bunga di dermaga Mako Lanal Tbk, Senin (17/8/2020).

    Rafiq menjelaskan, digelar berbeda dan sederhananya rangkaian peringatan hari Kemerdekaan pada tahun ini, harus dimaklumi lantaran pandemi Covid-19 yang masih saja terjadi hingga saat ini.

    "Peringatan tahun ini digelar secara sederhana dan berbeda dari tahun lalu, tapi semangat nasionalisme masyarakat Kabupaten Karimun tidak akan pernah sirna untuk menghormati jasa para pahlawan yang telah gugur untuk meraih kemerdekaan Republik Indonesia," jelasnya.

    Sambungnya, dalam momen hari kemerdekaan ini. Rafiq mengajak masyarakat untuk berdoa dan saling menguatkan satu sama lain dalam menghadapi wabah Covid-19 yang telah mencatatkan 21 warganya dinyatakan positif terpapar.

    "Sebagai anak bangsa, kita harus siap dan semangat meski pandemi Covid-19 ini masih terus berlangsung. Kemudian, kita semua harus terus berdoa semoga wabah virus ini segera berlalu agar kegiatan normal kembali," ungkapnya.

    Tidak lupa, dirinya juga mengajak masyarakat untuk mendoakan para garda terdepan penanganan Covid-19 seperti para tenaga medis, dokter, tim gugus tugas, TNI, Polri dan para relawan agar terus diberi kesehatan dan kekuatan selama bertugas.

    "Semoga Allah SWT terus memberikan kekuatan dan kesehatan kepada mereka yang berada di garis depan selama penanganan Covid-19," ucap Rafiq.

    Terakhir, orang nomor satu di Kabupaten Karimun ini mengimbau masyarakat agar terus berkomitmen dalam mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

    "Masyarakat kita harapkan untuk terus berkomitmen dalam mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, rajin mencuci tangan, gunakan hand sanitizer, jaga jarak serta menjaga pola hidup bersih dan sehat," tutup Aunur Rafiq.

Penulis: Rasta

Editor: Boy

Tag:bupati karimun aunur rafiqHUT RI ke-75HUT RI ke 75kabupaten karimunUpacara hut ri ke-75 ditengah pandemi corona

Berita Terkait

Situs ini menggunakan cookies.