Kepri

Jaga Ketahanan Pangan Dimasa Pandemi Covid-19, Lanal TBK Budidaya Ikan

Administrator
Boy
Danlanal TBK, Letkol Laut (P) Puji Basuki saat memasukan benih ikan ke kolam

Karimun, Gardannews.com - Pangkalan Angkatan Laut Tanjungbalai Karimun (Lanal TBK) membudidaya benih ikan Lele dan ikan Nila di belakang Kantor Staf Potensi Maritim (Spotmar) Jalan Yos Sudarso, Kecamatan Karimun pada, Selasa (22/6/2021).


Sebanyak dua ribu ekor ikan Lele dan seribu ekor ikan Nila dimasukkan kedalam 6 unit kolam ikan teknik Bioflok.


Bioflok tersebut adalah teknik teknologi budidaya ikan melalui rekayasa lingkungan yang mengandalkan pasokan oksigen dan pemanfaat mikro organisme yang secara langsung dapat meningkatkan nilai kecernaan pakan.


Kegiatan pembudidayaan ikan ini dilakukan dalam rangka mensukseskan program pemerintah untuk menjaga ketahanan pangan khususnya dimasa pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini.


"Dengan budidaya ini kita bisa menjaga ketahanan pangan dimasa Covid-19. Selain itu juga membantu ekonomi masyarakat sekitar," ujar Danlanal Tanjungbalai Karimun, Letkol Laut (P) Puji Basuki.


(Benih ikan dimasukkan kedalam 6 unit kolam teknik Bioflok. Foto: Boy)


Puji Basuki menjelaskan, Pembenihan dan pembesaran ikan lele dengan teknik Bioflok ini bukan kegiatan perdana bagi Lanal Tanjungbalai Karimun.


"Sebelumnya kita juga sudah punya pembenihan Ikan Lele dan Nila di Kelurahan Sungai Raya yang dikelola Anggota Spotmar bekerjasama dengan Warga," jelas Puji Basuki.


Hasil dari budidaya ikan ini juga nantinya akan dibagikan kepada keluarga besar Lanal Tanjungbalai Karimun.


"Benih ikan Lele dan Nila ini kita dapat dari bantuan dinas perikanan Kabupaten Karimun. Kedepan kita sudah punya rencana melakukan pemijahan bibit lele sendiri, karena kita sudah punya indukan sebanyak 30 pasang. Sementara untuk hasil panen ikan ini akan kita bagikan kepada keluarga besar Lanal Tanjungbalai Karimun," ucapnya.


(Personel Lanal TBK bersama Jalasenastri Cabang 6 Korcab IV. Foto: Boy)


Selain pembudidayaan ikan, Lanal Tanjungbalai Karimun juga melakukan penanaman hidroponik jenis sayuran pokcoy dan selada serta jagung.


"Sebelumnya kita sudah pernah panen raya jagung. Saat ini kita juga sedang menanam sayuran pokcoy dan selada dengan sistem hidroponik," tutup Letkol Laut (P) Puji Basuki.

Penulis: Boy

Editor: Boy

Tag:Jaga ketahanan pangan dimasa Covid-19Jaga ketahanan pangan dimasa Covid 19kabupaten karimunkepriLanal TBK

Berita Terkait

Situs ini menggunakan cookies.