Kepri

Kabar Gembira, Karimun Sudah Miliki Alat Tes PCR Untuk Umum

Administrator
Istimewa

Karimun, Gardannews.com - Kabar gembira bagi anda warga yang tinggal di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau. Saat ini Karimun telah memiliki alat tes Polymerase Chain Reaction (PCR) yang bisa digunakan untuk kepentingan masyarakat umum.


Alat tes PCR tersebut tersedia di Klinik Medilab jalan R.H. Fisabilillah, Desa Pangke Barat Kecamatan Meral Barat.


Dengan Laboratorium Molekular (Covid-19) klinik Medilab berstandar biosafty Level 2, dan telah melalui serangkaian proses pemeriksaan supervisi dan verifikasi dari Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) kelas I Kota Batam, Dinas Kesehatan Provinsi Kepri dan Dinas Kesehatan Karimun.


Alat PCR tersebut sudah dapat dioperasikan sejak tanggal 6 September 2021 lalu.


"Medilab sudah mendapatkan rekomendasi pemanfaatan alat PCR untuk pemeriksaan Covid-19," ujar Direktur, Medilab Karimun, dr. Yusrizal pada, Selasa (7/9/2021).


dr. Yusrizal mengatakan, Medilab juga telah memenuhi persyaratan sarana dan prasarana.


"Sarana dan prasarana, peralatan biosafty cabinet, SDM serta good laboratory practices sudah lengkap, kita pastikan penetapan standar dan mekanisme testing yang dihasilkan baik dan akurat," katanya.


(Klinik Medilab Kabupaten Karimun, Kepri)


Sementara Manager Operasional Medilab Karimun, Erny Girsang menjelaskan, untuk hasil PCR akan didapatkan masyarakat dengan waktu yang cepat.


"Jika pengambilan sample sebelum pukul 13.00 WIB, maka sekitar pukul 16.00 WIB sudah dapat hasinya. Untuk hasilnya juga bisa dibaca langsung dari aplikasi Lingkungan Peduli dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan di KTP," jelas Erny Girsang.


"Kalau mau digunakan untuk keberangkatan dapat menunjukkan dari aplikasi tersebut," jelasnya lagi.


Saat pengecekan PCR Medilab Karimun memberikan fasilitas berjumlah 96 sample terhadap satu kali jalan dan hasilnya akan diberikan selama satu hari dengan harga Rp 525.000.


“Ini juga berlaku dibeberapa jejaring Lab seperti Klinik Husada, Pelabuhan Karimun dan Medilab Pangke,” tutup Erny Girsang yang didampingi dr.Psalmen Saragih, M.Ked (Clin.Path),Sp.PK selaku penanggung jawab laboratorium.

Penulis: Dian Bangun Sari

Editor: M. Saimi Arrahman Rambe

Tag:kepriMedilabTes PCRcovid-19covid 19kabupaten karimun

Berita Terkait

Situs ini menggunakan cookies.