Kepri

Kamar Narapidana Rutan Karimun Digeledah Aparat Gabungan

Administrator
Boy
Aparat Gabungan saat memeriksa barang milik narapidana

Karimun, Gardannews.com - Dibantu oleh jajaran TNI Polri, Kejaksaan Negeri dan Bea Cukai, Rumah Tahanan (Rutan) Tanjungbalai Karimun melakukan inspeksi mendadak di seluruh kamar narapidana pada, Selasa (9/2/2021) siang.


Satu persatu narapidana tersebut dikeluarkan dari kamarnya dan dilakukan pemeriksaan badan. Selain itu, petugas juga memeriksa beberapa tempat seperti kolong tempat tidur, tempat penyimpanan pakaian serta kamar mandi.


Kepala Rutan Tanjungbalai Karimun, Dody Naksabani mengatakan, kegiatan inspeksi mendadak tersebut dilakukan sebagai upaya dalam pemberantasan peredaran narkoba dari balik jeruji besi.


"Kami tidak mungkin melakukannya sendiri, untuk itu saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu. Ini semua demi memberantas peredaran narkoba khususnya di dalam Rutan," kata Dody Naksabani.


(TNI Polri bantu pihak Rutan lakukan pemeriksaan. Foto: Boy)


Dari hasil inspeksi, pihaknya tidak menemukan adanya narkoba, namun petugas menyita sejumlah barang terlarang milik narapidana mulai dari pisau, ikat pinggang, kartu remi, gelas hingga mancis.


"Alhamdulillah hingga saat ini kita tidak menemukan narkoba, justru kita menemukan sejumlah barang terlarang. Itu semua sudah kita sita," ujar Dody.


(Petugas temukan ratusan barang terlarang. Foto: Boy)


Diketahui, selain inspeksi gabungan ini, Rutan Tanjungbalai Karimun juga secara rutin melaksanakan razia kamar dua kali dalam seminggu.


Bukan hanya untuk memberantas peredaran narkoba saja, namun kegiatan inspeksi rutin itu juga dilakukan guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti tahanan kabur, dan pertengkaran.


"Kalau dari pihak internal Rutan sendiri, kami melakukan kegiatan ini dua kali dalam seminggu. Kami juga mendokumentasikan semuanya dengan pertanggungjawaban komandan jaga," tutupnya.


(Karutan Tanjungbalai Karimun, Dody Naksabani. Foto: Boy)
Penulis: Boy

Editor: Boy

Situs ini menggunakan cookies.