Kepri

Masuk Tanpa Izin, Kapal Berbendera Malaysia Diamankan Lanal TBK

Administrator
Boy
Kapal TB Meisun T31 jenis tug boat berbendera Malaysia saat diamankan petugas Lanal TBK

Karimun, Gardannews.com - Masuk ke Indonesia tanpa izin, Kapal TB Meisun T31 jenis tug boat berbendera Malaysia di amankan oleh petugas Pangkalan Angkatan Laut Tanjungbalai Karimun (Lanal TBK) pada, Minggu (20/6/2021).


Kapal tersebut diamankan tim patroli rutin KAL Pelawan saat sedang labuh jangkar di sekitar perairan Karimun.


Untuk pemeriksaan lebih lanjut, kapal itu bersama dua orang ABK berkewarganegaraan Malaysia yang berada di dalamnya pun langsung di bawa menuju dermaga Mako Lanal TBK.


Dari hasil introgasi, kedua ABK Kapal tersebut mengaku terlantar di tengah laut akibat di tinggal kabur oleh nahkoda dan dua ABK lainnya.


"Tiga orang yang kabur itu adalah nahkoda, mualim, dan Kepala Kamar Mesin (KKM). Dan dua orang WN Malaysia ini tinggal di kapal, sementara mereka tidak memiliki kemampuan mengoperasikan kapal tersebut," ujar Danlanal TBK, Letkol Laut (P) Puji Basuki.


Puji Basuki menjelaskan, meski dokumen atas kapal tersebut ditemukan lengkap, namun dipastikan izin untuk memasuki Perairan Indonesia tidak dimiliki oleh kapal tersebut.


"Kita pastikan izin kapal ini untuk masuk ke wilayah Indonesia itu tidak ada," jelasnya.


(Danlanal TBK, Letkol Laut (P) Puji Basuki. Foto: Boy)


Dugaan sementara, kapal itu sengaja dibawa oleh tiga WNI ke Perairan Indonesia untuk melarikan diri pada malam hari.


Mereka melarikan diri dikarenakan permasalahan finansial yang diterima oleh awak kapal warga negara Indonesia yang tidak sesuai harapan.


"Sementara ini kita masih terus melakukan penyelidikan. Termasuk berkoordinasi dengan Indonesia License Officer (ILO) TNI di Malaysia," ucapnya.


Rencananya, kapal tersebut akan dikembalikan kepada pemiliknya yang berada di Malaysia melalui koordinasi bersama dengan ILO di Penang, Malaysia.


"Untuk kapalnya saat ini kita bawa, dan tengah sandar di dermaga Mako Lanal Tanjungbalai Karimun," kata Letkol Laut (P) Puji Basuki.


Ia menambahkan, Lanal TBK akan terus memaksimalkan seluruh potensi yang ada untuk terus melakukan patroli di Perairan Karimun guna memaksimalkan pengawasan terhadap tindak kejahatan di laut.


"Kita juga akan menggerakkan Posal dan Posmat kita untuk melaksanakan deteksi dan penggalangan terhadap masyarakat nelayan," tutupnya.

Penulis: Boy

Editor: Boy

Tag:Kapal MalaysiaLanal TBK

Berita Terkait

Situs ini menggunakan cookies.