Kepri

Pasien Positif Covid-19 Karimun Akan Dievakuasi ke Batam

Administrator
Rasta
Bupati Karimun, Aunur Rafiq
  • Karimun - Pemerintah Kabupaten Karimun menyiapkan langkah antisipasi apabila terjadi lonjakan pasien, menyusul kembali merebaknya Covid-19 dari klaster Kundur dan Tanjungpinang.

    Kabupaten Karimun diketahui, hingga saat ini telah mencatatkan total 21 kasus pasien positif terpapar Covid-19 sejak muncul kasus pertama pada bulan April tahun 2020 lalu.

    Dari 21 kasus tersebut, diketahui 7 pasien sudah dinyatakan sembuh, sedangkan 14 pasien lainnya masih menjalani isolasi di RSUD Muhammad Sani Karimun.

    Bupati Karimun, Aunur Rafiq menyampaikan, langkah antisipasi itu juga disiapkan karena terbatasnya daya tampung Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Muhammad Sani Karimun sebagai rumah sakit rujukan untuk menangani pasien tersebut.

    "RSUD Muhammad Sani hanya bisa menampung 22 pasien, mengingat terbatasnya tenaga kesehatan dan dokter spesialis," ujar Aunur Rafiq.

    Rafiq mengatakan, karena terbatasnya daya tampung rumah sakit tersebut, dirinya akan mengevakuasi pasien positif ke Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Galang, Kota Batam sebagai tempat rujukan pasien Covid-19 di Indonesia.

    "Kita doakan tidak terjadi lagi, tapi jika tinggi penyebarannya dan melihat daya tampung rumah sakit kita yang terbatas. Apabila kembali ada penambahan akan kita evakuasi ke Rumah Sakit di Batam," katanya.

    Guna meminimalisir penyebaran virus itu, Rafiq mengungkapkan telah mengeluarkan surat edaran untuk membatasi kegiatan-kegiatan yang menimbulkan kerumunan massa.

    Salah satu pembatasan kegiatan itu seperti resepsi pernikahan, event olahraga dan perlombaan atau permainan rakyat dalam rangka menyambut HUT Republik Indonesia.

    Kemudian, sejak merebaknya Covid-19 di Pulau Kundur, pihaknya juga saat ini sudah menerapkan aturan baru di pelabuhan hinterland, yakni mewajibkan para penumpang membawa surat kesehatan sebelum berangkat.

    "Mari bersama sama kita disiplin dan berkomitmen baik dalam penerapan protokol kesehatan untuk menekan penyebaran Covid-19 dengan cara seperti rajin mencuci tangan, menggunakan masker, jaga jarak dan menjaga pola hidup bersih dan sehat," pungkasnya.

Penulis: Rasta

Editor: Boy

Tag:covid-19covid 19kabupaten karimunkeprikota batamPasien positif covid-19 karimun

Berita Terkait

Situs ini menggunakan cookies.