Kepri

Razia Prokes, Denpom Lanal TBK Jaring 31 Pelanggar

Administrator
Istimewa
Petugas saat merazia pengendara

Karimun, Gardannews.com - Diawali dengan apel di Mako Lanal Tanjungbalai Karimun, Detasemen Polisi Militer (Denpom) Lanal Tanjungbalai Karimun bersama Satpol PP, TNI dan Polri melakukan razia protokol kesehatan di Coastal Area pada, Jumat (7/5/2021) sore.


Razia tersebut dipimpin Pjs Danlanal TBK, Letkol Laut (P) Puji Basuki dan penerima apel, Dandenpom Lanal TBK, Kapten Laut (PM) Agus Riyadi.


Saat razia, petugas yang terdiri dari 10 personel anggota Pomal Lanal TBK, 20 personel Satpol PP, Pomad 4 personel, Kodim 4 personel dan Polres Karimun sebanyak 10 personel ditempatkan disisi sebelah kiri maupun kanan pada ruas jalan Coastal Area Tanjungbalai Karimun.


Petugas kemudian meminta pengendara untuk melambatkan laju kendaraannya, baik roda dua maupun roda empat. Bagi pengendara yang tidak memakai masker langsung diarahkan petugas untuk melakukan pendataan.


Sementara, bagi pengendara yang membawa masker namun tidak memakainya, maka petugas hanya meminta pengendara tersebut untuk memakai maskernya.


Operasi Yustisi Penegakan Hukum dan Disiplin Pelanggaran Protokol Kesehatan Covid-19 ini didasari atas RO (Rencana Operasi) Panglima TNI Waspada Wirapari TW II tahun 2021.


Selain itu, kegiatan tersebut juga perintah dari Danpuspomal, Perbup no.49 tahun 2020 dan SKEP Februari 2021 tentang Pembentukan Tim Ops Yustisi Penanganan Covid-19 di Kabupaten Karimun.


“Sasaran operasi ini adalah pengendara roda dua maupun roda empat yang tidak mengenakan masker,” ujar Dandenpom Lanal TBK, Kapten Laut (PM) Agus Riyadi.


(Pelanggar protokol kesehatan diberikan sanksi Administratif dan Sosial)


Agus juga menjelaskan, pihaknya menerapkan 2 sanksi bagi para pelanggar yakni sanksi administratif berupa denda dan sanksi penerapan disiplin prokes dengan melakukan kerja bakti membersihkan sampah di sekitar areal razia.


“Kami berharap, dengan adanya Ops Yustisi secara rutin dapat mencegah dan menekan angka peningkatan kasus konfirmasi Covid-19 dan memberikan edukasi kepada masyarakat arti pentingnya protokol kesehatan bagi diri sendiri, keluarga maupun masyarakat,” jelas Agus.


Dalam razia ini, sebanyak 31 orang ditemukan melakukan pelanggaran prokes Covid-19 karena tidak menggunakan masker.


Adapun rinciannya yakni, 27 orang dewasa dan 4 orang anak-anak. Sebanyak 25 orang kerja sosial membersihkan jalan di sekitar lokasi, 2 orang sanksi administrasi dan 4 anak-anak dilakukan surat perjanjian dari orang tua.

Penulis: Boy

Editor: Boy

Tag:covid-19covid 19Denpom Lanal TBKkarimunRazia protokol kesehatantni al

Berita Terkait

Situs ini menggunakan cookies.