Kepri

Sei Lakam Barat Karimun Jadi Kampung Keluarga Berkualitas

Administrator
Nichita
Deputi KSPK BKKBN RI dan Bupati Karimun mencanangkan Kelurahan Sei Lakam Barat menjadi Kampung KB

Karimun, Gardannews.com - Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pembangunan Keluarga (KSPK) Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Republik Indonesia (BKKBN-RI), Nopian Andusti, bersama Bupati Karimun, Aunur Rafiq mencanangkan Kelurahan Sei Lakam Barat menjadi Kampung Keluarga Berkualitas (KB) dan Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) pada, Selasa (15/11/2022).


Dihadiri puluhan warga dan tokoh agama serta masyarakat, pencanangan tersebut ditandai dengan pelepasan balon udara yang pemotongan talinya langsung dilakukan oleh Deputi KSPK serta Bupati Karimun.


Keberadaan Kampung KB merupakan kampung milik bersama dalam upaya menciptakan masyarakat dan keluarga yang berkualitas sejak dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 14 Januari 2016 silam.


Kampung KB merupakan integrasi program dari seluruh stakeholder yang dapat berperan mengupayakan membangun kesejahteraan dilingkungan masyarakat dan keluarga.


Pada sambutan dan arahan oleh Nopian Andusti menyampaikan bahwa keberadaan Kampung KB merupakan amanat Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2022 Tentang Optimalisasi Penyelenggaraan Kampung KB guna meningkatkan sumberdaya manusia dan memperkuat institusi keluarga.


"Kampung KB ini milik bersama, milik pemerintah daerah maupun pusat dalam membangun kesejahteraan masyarakat dan keluarga, jadi mari kita bersama-sama bergotong royong menaruh perhatian yang serius membangun kampung yang berkualitas ini di Kampung KB," papar Nopian.


Sementara Aunur Rafiq menginginkan kasus stunting di kelurahan Sei Lakam Barat harus turun.


"Perangkat pemerintah kecamatan, kelurahan serta kepala puskesmas harus jemput bola memperhatikan anak yang beresiko stunting. Lakukan edukasi dan pendampingan agar anak yang beresiko stunting tersebut menunjukkan adanya perbaikan gizi," pinta Rafiq.




Disamping pecanangan Kampung KB dan Dashat, pemberdayaan masyarakat Kelurahan Sei Lakam Barat juga mengadakan demo masak dengan olahan makanan yang mudah didapat dan murah. Diharapkan ibu-ibu yang memiliki anak Batita dan Balita dapat memberikan makanan bergizi yang seimbang.

Penulis: Nichita

Editor: M. Saimi Arrahman Rambe

Tag:BKKBNkabupaten karimunkepri

Berita Terkait

Situs ini menggunakan cookies.