Kepri

Sembelih 6 Ekor Hewan Kurban, Danlanal TBK: Mari Belajar Berkorban Demi Sesama

Administrator
Boy
Lanal TBK Sembelih hewan kurban

Karimun, Gardannews.com - Dalam rangka Idul Adha 1442 Hijriyah, Pangkalan TNI Angkatan Laut Tanjungbalai Karimun (Lanal TBK) menyembelih sebanyak 6 ekor hewan kurban di Mushola Al Fatih, Komplek TNI AL R.E Martadinata, Bukit Senang, Kecamatan Karimun pada, Selasa (20/07/2021) pagi.


Adapun 6 ekor hewan yang disembelih tersebut terdiri dari 3 ekor Lembu dan 3 ekor Kambing, dimana hewan-hewan itu dikurbankan oleh Danlanal, Palaksa, Pasops, PT Timah dan gabungan dari para Prajurit.


Danlanal Tanjungbalai Karimun, Letkol Laut (P) Puji Basuki mengatakan, Idul Adha ini merupakan momen bagi semua umat muslim untuk mendekatkan diri kepada Maha Pencipta.


"Dalam Idul Adha ini Allah memberi kesempatan kepada kita untuk lebih mendekatkan diri kepadanya. Bagi umat muslim yang belum mampu mengerjakan perjalanan haji, maka ia diberi kesempatan untuk berkurban, yaitu dengan menyembelih hewan qurban sebagai simbol ketakwaan dan kecintaan kita kepada Allah Subhanahu wa ta'ala", kata Letkol Laut (P) Puji Basuki.


Idul Adha yang jatuh setiap tanggal 10 Dzulhijjah juga dikenal dengan sebuatan Hari Raya Haji, dimana momen ini menjadi pengingat bahwa manusia di muka bumi memiliki persamaan dalam segi kehidupan.


"Kaum muslimin yang sedang menunaikan haji yang utama, yaitu wukuf di Arafah. Mereka semua memakai pakaian serba putih dan tidak berjahit yang di sebut pakaian ihram, hal itu melambangkan persamaan akidah dan pandangan hidup, mempunyai tatanan nilai yaitu nilai persamaan dalam segala segi bidang kehidupan. Tidak ada yang beda antara mereka, semuanya sederajat. Sama-sama mendekatkan diri kepada Allah Yang Maha Perkasa, sambil bersama-sama membaca kalimat talbiyah," ujar Danlanal TBK, memaknai Idul Adha.


(Proses pemotongan daging hewan kurban. Foto: Boy)


Sebagai pemimpin, Ia juga mengajak seluruh prajurit Lanal TBK dan masyarakat untuk rela berkorban demi sesama dan menjaga kesetabilan ekonomi khususnya di masa pandemi Covid-19.


"Kali ini saya sebagai komandan Lanal TBK berusaha mengajak diri saya pribadi dan seluruh personel Lanal TBK untuk belajar dan mengerti serta melakukan hal-hal yang bernilai sosial yang positif di tengah pandemi Covid-19 ini tanpa harus melupakan protokol kesehatan 5 M. Melalui kurban ini paling tidak kita semua belajar berkorban demi sesama untuk ikut serta andil membantu menjaga kesetabilan ekonomi masyarakat meskipun dari hal yang sangat kecil," tutupnya.


Diketahui, jumlah sembelih hewan kurban tersebut sebanyak 350 kantong plastik, seluruhnya akan dibagikan kepada warga di Komplek TNI AL R.E Martadinata Lanal TBK dan Warga sekitar.

Penulis: Boy

Editor: Boy

Tag:Hewan KurbanIdul Adha 1442 Hijriyahkabupaten karimunkepriLanal TBKtni al

Berita Terkait

Situs ini menggunakan cookies.