Kepri

Tiga Warga Karimun Alami Gagal Ginjal, Dua Meninggal Dunia

Administrator
Nichita
Bupati Karimun, Aunur Rafiq

Karimun, Gardannews.com - Penyakit gagal ginjal yang marak terjadi pada kalangan anak di Indonesia saat ini sangat mengkhawatirkan semua pihak.


Penyakit gagal ginjal juga telah terjadi di Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau. Hal ini disampaikan langsung oleh Bupati Karimun, Aunur Rafiq pada, Minggu (23/10/2022).


“Saat ini ada tiga kasus warga yang terjangkit penyakit gagal ginjal, dua diantaranya meninggal dunia,” ujar Aunur Rafiq kepada wartawan saat menghadiri acara pemecahkan rekor muri ibu hamil konsumsi tablet zat besi muslimat NU di Gedung Nilam Sari.


Atas hal ini, Rafiq meminta Dinas Kesehatan Karimun untuk menarik dan mengawasi peredaran obat yang menjadi penyebab gagal ginjal tersebut.


“Saya minta Kepala Dinas Kesehatan untuk menarik dan bekerja sama dengan instansi terkait agar mengecek dan memantau peredaran obat yang dilarang tersebut,” kata Rafiq.


Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun, Rachmadi mengatakan, tiga warga yang terjangkit penyakil gagal ginjal tersebut berasal dari Kecamatan Tebing dan Meral.


“Yang terjangkit penyakit gagal ginjal yakni sebanyak dua orang di Kecamatan Tebing, dan satu lagi di Kecamatan Meral,” ungkapnya.


Diketahui, penderita penyakit gagal ginjal memiliki ciri-ciri atau akan mengalami demam, diare, dan tidak bisa kencing.

Penulis: Nichita

Editor: M. Saimi Arrahman Rambe

Tag:kabupaten karimunkepriObat TerlarangPenyakit Gagal Ginjal

Berita Terkait

Situs ini menggunakan cookies.