Kepri

Tingkatkan Wawasan Kebangsaan, UPN Veteran Yogyakarta Gelar Pelatihan Jurnalistik Maritim

Administrator
Istimewa
Konsul dan Pejabat Utama Konsulat AS Medan, Gordon S. Church saat menyampaikan sambutan

Karimun, Gardannews.com - Kegiatan 'In House Training Jurnalistik Maritim Berwawasan Kebangsaan' Zona-2 Karimun-Lingga resmi dibuka oleh Rektor Universitas Pembangunan Nasional 'Veteran' Yogyakarta pada, Rabu (22/9/2021) pagi.


Pelatihan tersebut dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom dan akan berlangsung selama dua hari kedepan.


Adapun kegiatan ini merupakan rangkaian dari pelatihan wartawan perbatasan yang digelar oleh Lembaga Penguji Kompetensi Wartawan (LPKW) UPN 'Veteran Yogyakarta bekerjasama dengan Kedutaan Besar (Kedubes) AS di Indonesia.


Pada, Senin-Selasa (20-21/9/2021) lalu, pihak LPKW UPN 'Veteran Yogyakarta juga telah melaksanakan pelatihan bagi jurnalistik di Zona-1 yakni Batam dan Tanjungpinang.


"Wartawan, memiliki peran strategis menyerap informasi, menginventarisasi segala potensi, dan menyebarkannya ke tengah masyarakat untuk mendukung pembangunan pemerintah," ujar Rektor UPNVY, M.Irhas Effendi.


Kegiatan pembukaan pelatihan ini turut dihadiri oleh Konsul dan Pejabat Utama Konsulat Amerika Serikat (AS) Medan, Gordon S. Church, Sekretaris Daerah Kabupaten Karimun, Dr. M Firmansyah, M.SI serta para pejabat Forkopimda lainnya di Karimun dan Lingga.


"Pemerintah Amerika Serikat (AS) melalui Kedubes AS dan Konsulatnya di Medan, merasa bangga bisa bermitra dengan UPN Veteran Yogyakarta untuk bisa menjalankan kegiatan yang penting ini," ucap Gordon S. Church.


Gordon menambahkan, usaha bersama semakin mendesak untuk mengamankan Laut Cina Selatan. Itulah makanya, pelatihan ini menjadi sangat penting. Pelatihan ini telah mempertemukan kita untuk bersama memberikan informasi yang benar kepada masyarakat dan mengamankan laut kita bersama.


Media dan seluruh insan pers, lanjut Gordon, memiliki peran strategis menjaga keamanan dan keselamatan Laut Cina Selatan. Karena media memiliki peran kekuatan untuk memberikan informasi ke publik yang mempengaruhi opini publik.


"Terimakasih kepada para wartawan dan peserta pelatihan yang tidak pernah lelah. Kami menantikan tulisan kalian," tegasnya.


(Sekda Karimun, M. Firmansyah saat menyampaikan sambutan)


Sementara Sekda Kabupaten Karimun, M Firmansyah mewakili Bupati Karimun, Aunur Rafiq menyampaikan apresiasinya kepada LPKW UPN 'Veteran Yogyakarta dan Kedubes AS di Indonesia karena bersedia menggelar pelatihan ini di Zona Karimun.


"Dengan adanya pelatihan ini, maka adek-adek kami wartawan di Karimun akan dapat meningkatkan wawasan dan keilmuan mereka mengenai jurnalistik dan maritim," kata Firmansyah.


Selain Zona 1 dan 2, penyelenggara juga diketahui akan menggelar pelatihan itu di Zona-3 yakni wilayah Anambas dan Natuna pada, Senin-Selasa (27-28/9/2021) mendatang.

Penulis: Ami Bagan

Editor: M. Saimi Arrahman Rambe

Tag:indonesiakabupaten karimunkabupaten linggakepriPelatihan Jurnalistik MaritimUPNVY

Berita Terkait

Situs ini menggunakan cookies.